Tips dan Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Monday, August 31st, 2020 - Investasi

Panduan Investasi Saham – Berinvestasi adalah cara untuk menyisihkan uang saat Anda sibuk dengan hidup dan membuat uang itu bekerja untuk Anda sehingga Anda dapat sepenuhnya menuai hasil dari kerja keras Anda di masa depan. Berinvestasi adalah cara untuk mencapai akhir yang lebih bahagia. Investor legendaris Warren Buffett mendefinisikan investasi sebagai “… proses meletakkan uang sekarang untuk menerima lebih banyak uang di masa depan.” 1 Tujuan investasi adalah menggunakan uang Anda untuk digunakan dalam satu atau lebih jenis sarana investasi dengan harapan menumbuhkan uang Anda dari waktu ke waktu.

Katakanlah Anda memiliki $ 1.000 yang disisihkan, dan Anda siap memasuki dunia investasi. Atau mungkin Anda hanya memiliki tambahan $ 10 seminggu, dan Anda ingin berinvestasi. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda untuk memulai sebagai investor dan menunjukkan kepada Anda bagaimana memaksimalkan keuntungan Anda sambil meminimalkan biaya Anda.

Poin Penting

  1. Berinvestasi diartikan sebagai tindakan melakukan uang atau modal untuk suatu usaha dengan harapan memperoleh pendapatan atau keuntungan tambahan.
  2. Tidak seperti konsumsi, investasi mengalokasikan uang untuk masa depan, dengan harapan akan tumbuh seiring waktu.
  3. Berinvestasi, bagaimanapun, juga disertai dengan risiko kerugian.
  4. Berinvestasi di pasar saham adalah cara paling umum bagi pemula untuk mendapatkan pengalaman investasi.

Anda Investor Macam Apa?

Sebelum Anda menyerahkan uang Anda, Anda perlu menjawab pertanyaan, investor macam apa saya ini? Saat membuka akun pialang, pialang online seperti Charles Schwab atau Fidelity akan menanyakan tujuan investasi Anda dan seberapa besar risiko yang bersedia Anda ambil.

Beberapa investor ingin mengambil peran aktif dalam mengelola pertumbuhan uang mereka, dan beberapa lebih memilih untuk “mengatur dan melupakannya”. Pialang online yang lebih “tradisional”, seperti dua yang disebutkan di atas, memungkinkan Anda berinvestasi di saham, obligasi, dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), dana indeks, dan reksa dana.

Pialang Online

Pialang bisa berupa layanan penuh atau diskon. Pialang dengan layanan penuh, sesuai dengan namanya, memberikan layanan pialang tradisional yang lengkap, termasuk nasihat keuangan untuk pensiun, perawatan kesehatan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan uang. Mereka biasanya hanya berurusan dengan klien dengan kekayaan bersih yang lebih tinggi, dan mereka dapat mengenakan biaya yang cukup besar, termasuk sekian persen dari transaksi Anda, satu persen dari aset Anda yang mereka kelola, dan kadang-kadang biaya keanggotaan tahunan. Sangat umum untuk melihat ukuran akun minimum $ 25.000 dan lebih tinggi di pialang layanan penuh. Namun, broker tradisional membenarkan biaya tinggi mereka dengan memberikan saran yang rinci untuk kebutuhan Anda.

Pialang diskon dulu merupakan pengecualian, tetapi sekarang sudah menjadi norma. Broker online diskon memberi Anda alat untuk memilih dan menempatkan transaksi Anda sendiri, dan banyak dari mereka juga menawarkan layanan robo-advisory set-it-and-forget-it. Seiring dengan kemajuan ruang layanan keuangan di abad ke-21, broker online telah menambahkan lebih banyak fitur, termasuk materi pendidikan di situs dan aplikasi seluler mereka.

Selain itu, meskipun ada sejumlah broker diskon tanpa batasan setoran minimum (atau sangat rendah), Anda mungkin dihadapkan pada pembatasan lain, dan biaya tertentu dibebankan ke akun yang tidak memiliki setoran minimum. Ini adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan oleh investor jika mereka ingin berinvestasi di saham.

Penasihat Robo

Setelah Krisis Keuangan 2008, lahirlah generasi baru penasihat investasi: penasehat robo. Jon Stein dan Eli Broverman dari Betterment sering dikreditkan sebagai yang pertama di ruang angkasa.2 Misi mereka adalah menggunakan teknologi untuk menurunkan biaya bagi investor dan merampingkan nasihat investasi.

Sejak Betterment diluncurkan, perusahaan robo-first lainnya telah didirikan, dan bahkan pialang online yang mapan seperti Charles Schwab telah menambahkan layanan konsultasi seperti robo. Menurut laporan Charles Schwab, 58% orang Amerika mengatakan bahwa mereka akan menggunakan semacam saran robo pada tahun 2025.3 Jika Anda menginginkan algoritme untuk membuat keputusan investasi untuk Anda, termasuk panen dan penyeimbangan kembali kerugian pajak, penasihat robo dapat menjadi untukmu. Dan seperti yang telah ditunjukkan oleh keberhasilan investasi indeks, jika tujuan Anda adalah membangun kekayaan jangka panjang, Anda dapat melakukannya lebih baik dengan penasihat robot. baca: 50 Fakta Unik Emas yang Menarik dan Mengejutkan

Berinvestasi Melalui Perusahaan Anda

Jika Anda memiliki anggaran yang ketat, cobalah untuk menginvestasikan hanya 1% dari gaji Anda ke dalam program pensiun yang tersedia untuk Anda di tempat kerja. Sebenarnya, Anda mungkin tidak akan melewatkan kontribusi sekecil itu.

cara berinvestasi saham

marketplace.org

Rencana pensiun berbasis pekerjaan mengurangi kontribusi Anda dari gaji Anda sebelum pajak dihitung, yang akan membuat kontribusi itu semakin tidak menyakitkan. Setelah Anda merasa nyaman dengan kontribusi 1%, mungkin Anda dapat meningkatkannya saat Anda mendapatkan kenaikan gaji tahunan. Anda mungkin tidak akan melewatkan kontribusi tambahan. Jika Anda memiliki akun pensiun 401 (k) di tempat kerja, Anda mungkin sudah berinvestasi di masa depan dengan alokasi ke reksa dana dan bahkan saham perusahaan Anda sendiri.

Minimum untuk Membuka Akun

Banyak lembaga keuangan memiliki persyaratan setoran minimum. Dengan kata lain, mereka tidak akan menerima aplikasi akun Anda kecuali Anda menyetor sejumlah uang. Beberapa perusahaan bahkan tidak mengizinkan Anda membuka akun dengan jumlah sekecil $ 1.000.

Membayar untuk melihat-lihat beberapa dan memeriksa ulasan broker kami sebelum memutuskan di mana Anda ingin membuka akun. Kami mencantumkan setoran minimum di bagian atas setiap ulasan. Beberapa perusahaan tidak mewajibkan setoran minimum. Orang lain mungkin sering kali menurunkan biaya, seperti biaya perdagangan dan biaya pengelolaan akun, jika Anda memiliki saldo di atas ambang tertentu. Namun, orang lain mungkin memberikan sejumlah perdagangan bebas komisi untuk membuka akun.

Komisi dan Biaya

Seperti yang sering dikatakan para ekonom, tidak ada makan siang gratis. Meskipun baru-baru ini banyak pialang berlomba untuk menurunkan atau menghilangkan komisi perdagangan, dan ETF menawarkan investasi indeks kepada semua orang yang dapat berdagang dengan akun pialang tanpa tulang, semua pialang harus menghasilkan uang dari pelanggan mereka dengan satu atau lain cara.

baca juga: 20 Fakta Unik dan Menarik Tentang Korea Selatan

Dalam kebanyakan kasus, broker Anda akan mengenakan komisi setiap kali Anda memperdagangkan saham, baik melalui pembelian atau penjualan. Biaya perdagangan berkisar dari ujung bawah $ 2 per perdagangan tetapi bisa setinggi $ 10 untuk beberapa broker diskon. Beberapa broker tidak membebankan komisi perdagangan sama sekali, tetapi mereka menebusnya dengan cara lain. Tidak ada organisasi amal yang menjalankan layanan perantara.

Bergantung pada seberapa sering Anda berdagang, biaya ini dapat bertambah dan memengaruhi profitabilitas Anda. Berinvestasi dalam saham bisa sangat mahal jika Anda sering keluar-masuk posisi, terutama dengan sedikit uang yang tersedia untuk diinvestasikan.

Ingat, perdagangan adalah perintah untuk membeli atau menjual saham di satu perusahaan. Jika Anda ingin membeli lima saham berbeda pada saat yang sama, ini dianggap sebagai lima perdagangan terpisah, dan Anda akan dikenai biaya untuk masing-masing perdagangan.

Sekarang, bayangkan Anda memutuskan untuk membeli saham lima perusahaan itu dengan $ 1.000 Anda. Untuk melakukan ini, Anda akan dikenai biaya perdagangan $ 50 — dengan asumsi biayanya adalah $ 10 — yang setara dengan 5% dari $ 1.000 Anda. Jika Anda menginvestasikan $ 1.000 sepenuhnya, akun Anda akan dikurangi menjadi $ 950 setelah biaya perdagangan. Ini mewakili kerugian 5% bahkan sebelum investasi Anda memiliki kesempatan untuk menghasilkan.

Jika Anda menjual lima saham ini, Anda akan sekali lagi menanggung biaya perdagangan, yang akan menjadi $ 50 lagi. Untuk melakukan perjalanan pulang pergi (membeli dan menjual) lima saham ini akan dikenakan biaya $ 100, atau 10% dari jumlah setoran awal Anda sebesar $ 1.000. Jika investasi Anda tidak menghasilkan cukup untuk menutupi ini, Anda telah kehilangan uang hanya dengan masuk dan keluar dari posisi.

Jika Anda berencana untuk sering berdagang, lihat daftar pialang kami untuk pedagang yang sadar biaya.

Beban Reksa Dana (Biaya)

Selain biaya perdagangan untuk membeli reksa dana, ada biaya lain yang terkait dengan jenis investasi ini. Reksa dana adalah kumpulan dana investor yang dikelola secara profesional yang berinvestasi secara terfokus, seperti saham AS berkapitalisasi besar.

Ada banyak biaya yang akan ditanggung investor saat berinvestasi di reksa dana. Salah satu biaya yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah rasio biaya manajemen (MER), yang dibebankan oleh tim manajemen setiap tahun, berdasarkan jumlah aset dalam dana. MER berkisar dari 0,05% hingga 0,7% setiap tahun dan bervariasi tergantung pada jenis dana. Tetapi semakin tinggi MER, semakin berdampak pada pengembalian dana secara keseluruhan.

Anda mungkin melihat sejumlah biaya penjualan yang disebut beban saat Anda membeli reksa dana. Beberapa adalah beban front-end, tetapi Anda juga akan melihat dana tanpa beban dan dana beban belakang. Pastikan Anda memahami apakah reksa dana yang Anda pertimbangkan memiliki beban penjualan sebelum membelinya. Lihat daftar dana tanpa beban dan dana tanpa biaya transaksi broker Anda jika Anda ingin menghindari biaya tambahan ini.

Bagi investor pemula, fee reksa dana sebenarnya merupakan keuntungan relatif terhadap komisi saham. Alasannya adalah biayanya sama, berapa pun jumlah yang Anda investasikan. Oleh karena itu, selama Anda memenuhi persyaratan minimum untuk membuka rekening, Anda dapat berinvestasi paling sedikit $ 50 atau $ 100 per bulan di reksa dana. Istilah untuk ini disebut dollar cost averaging (DCA), dan ini bisa menjadi cara yang bagus untuk mulai berinvestasi.

Diversifikasi dan Kurangi Risiko

Diversifikasi dianggap sebagai satu-satunya makan siang gratis dalam berinvestasi. Singkatnya, dengan berinvestasi dalam berbagai aset, Anda mengurangi risiko kinerja satu investasi yang sangat merugikan pengembalian investasi Anda secara keseluruhan. Anda bisa menganggapnya sebagai jargon finansial untuk “jangan menaruh semua telur Anda dalam satu keranjang.”

Dalam hal diversifikasi, kesulitan terbesar dalam melakukan ini akan datang dari investasi pada saham. Seperti disebutkan sebelumnya, biaya investasi di sejumlah besar saham dapat merugikan portofolio. Dengan setoran $ 1.000, hampir tidak mungkin untuk memiliki portofolio yang terdiversifikasi dengan baik, jadi ketahuilah bahwa Anda mungkin perlu berinvestasi di satu atau dua perusahaan (paling banyak) untuk memulai. Ini akan meningkatkan resiko Anda.

Di sinilah manfaat utama reksa dana atau dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) menjadi fokus. Kedua jenis sekuritas cenderung memiliki sejumlah besar saham dan investasi lain di dalam dana tersebut, yang membuatnya lebih terdiversifikasi daripada satu saham.
Garis bawah

Anda bisa berinvestasi jika Anda baru memulai dengan sedikit uang. Ini lebih rumit daripada hanya memilih investasi yang tepat (suatu prestasi yang pada dirinya sendiri cukup sulit) dan Anda harus menyadari batasan yang Anda hadapi sebagai investor baru.

Anda harus mengerjakan pekerjaan rumah Anda untuk menemukan persyaratan setoran minimum dan kemudian membandingkan komisi dengan broker lain. Kemungkinan Anda tidak dapat membeli saham individu dengan biaya yang efektif dan masih dapat melakukan diversifikasi dengan sedikit uang. Anda juga perlu membuat pilihan di broker mana Anda ingin membuka akun.